9 Manfaat Tidur Mengiring Sebelah Kanan

9 Manfaat Tidur Mengiring Sebelah Kanan Yang Sangat Bagus Untuk Kesihatan. Macam Mana Cara Tidur Kegemaran Anda? Tahukah Anda Bahawa Posisi Tidur Mengiring Ke Kanan Adalah Posisi Tidur Paling Bagus Untuk Kesihatan? Jom Tengok Sebabnya.

1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri 

Otak manusia terdiri jadi dua sisi iaitu kanan dan kiri. Sisi kanan yakni otak yang mempersarafi organ badan sebelah kiri serta demikian sebaliknya. Umumnya kita memakai organ badan sisi kanan sebagai anggota badan yang dominan dalam aktiviti seperti makan, memegang dan yang lain-lain. Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, jadi otak sisi kiri yang mempersarafi semuanya kegiatan organ badan sisi kanan bakal lepas dari bahaya yang akibat aliran yang melambat sewaktu tidur. 

Bahaya itu mencakup ingindapan bekuan darah, lemak, asid bekas oksidasi, dan menambahkan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah. Sampai apabila seseorang memiliki resiko terserang stroke, jadi yang memiliki resiko yakni otak segi kanan, dengan akibat kelumpuhan pada samping kiri (sisi yg tidak kuasai). 

2. Mengurangi beban jantung 

Posisi tidur kesebelah kanan yang rata, sangat mungkin cairan badan (dar4h) terdistribusi rata dan terkonsentrasi di samping kanan (bawah). Hal semacam ini bakal menyebabkan beban aliran dar4h yang masuk dan keluar jantung lebih rendah. Dampak posisi ini yakni denyut jantung jadi lebih lambat, tekanan dar4h bakal alami penurunan. Keadaan ini akan menolong kwalitas tidur. 

Tidur miring ke kanan buat jantung tidak tertimpa organ yang lain. Hal semacam ini dikarenakan posisi jantung yang lebih condong ada di samping kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang terlalu berlebih, lantaran dar4h yang masuk ke atrium banyak juga yang karena sebab paru-paru kanan ada di atas. Sedang paru-paru kanan peroleh supply dar4h yang makin banyak dari paru-paru kiri. 

3. Mengistirahatkan lambung 

Lambung manusia berbentuk seperti tabung berbentuk koma dengan ujung katup keluaran menuju usus menghadap kearah kanan bawah. Apabila seorang tidur kesebelah kiri jadi system pengeluaran chime (makanan yang telah di proses oleh lambung dan bercampur asam lambung) akan sedikit terganggu, hal semacam ini bakal memperlambat system pengosongan lambung. 

Masalah ini setelah itu akan meningkatkan akumulasi asam yang bakal menyebabkan erosi dinding lambung. Posisi ini akan menyebabkan cairan usus yang berupa basa bias masuk balik menuju lambung dengan akibat erosi dinding lambung dekat pylorus. 

4. Tingkatkan pengosongan kandung empedu dan pankreas 

Ada aliran chime yang lancar bakal menyebabkan keluaran cairan empedu juga jadi tambah, hal semacam ini bakal mencegah pembentukan batu kandung empedu. Keluaran getah pancreas bakal jadi tambah dengan posisi mirin ke kanan. 

5. Meningkatkan waktu penyerapan zat makanan 

Ketika tidur gerakan usus meningkat. Dengan posisi di sebelah kanan, perjalanan makanan yang telah tercerna dan siap diserap akan jadi lebih lama, hal ini kerana posisi usus kecil hingga usus besar ada dibawah. Waktu yang lama selama tidur proses penyerapan zat makanan akan maksimum. 

6. Merangsang buang air besar 

Dengan tidur mengiring ke sebelah kanan, sistem pengisian usus besar sigmoid (terlebih dulu anus) semakin lebih cepat penuh. Apabila sudah penuh, bakal merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus yang akan memudahkan proses buang air besar. 

7. Mengistirehatkan kaki kiri 

Orang yang biasa dengan gerakan kanan, ketika bekerja condong menggunakan kaki kiri sebagai pusat pembebanan. Akibatnya kaki kiri biasanya condong lebih merasa kebas berbanding kanan. Terutama kaki menempati posisi paling bawah dan aliran darah di kaki lebih lambat. Apabila tidur mengiring ke kanan, aliran darah ke kaki kiri makin lebih cepat sampai dan rasa kebas lebih cepat hilang. 

8. Melindungi kesihatan paru-paru 

Paru-paru kiri lebih kecil berbanding paru-paru kanan. Apabila tidur mengiring ke sebelah kanan, jantung bakal condong ke sebelah kanan. Hal ini tidak jadi persoalan kerana paru-paru kanan makin besar. Lain halnya jika bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik. 

9. Melindungi saluran pernafasan 

Tidur mengiring akan menghindari jatuhnya lidah ke pangkal yang dapat mengganggu saluran pernafasan. Tidur dengan posisi telentang, mengakibatkan saluran pernafasan terhalang oleh lidah, yang akan mengakibatkan seseorang itu berdengkur. Orang yang berdengkur ketika tidur menyebabkan badan kekurangan oksigen. 

Bahkan juga terkadang dapat mengakibatkan terhentinya nafas untuk beberapa detik yang membuatnya terjaga dari tidur. Orang itu biasanya bakal terjaga dalam keadaan mamai lantaran kurangnya oksigen yang masuk ke otak. Tentunya hal sedemikian mengganggu kualiti tidur seseorang. 

 

 

Leave a Reply

Close Menu